Budidaya Pepaya California di Pekarangan Rumah

Menanam Pepaya California di Pekarangan Rumah | jurukebun.com
Beberapa tahun belakangan ini nama pepaya california cukup populer di kalangan petani dan penjual buah. Banyak yang sudah menanami lahan sawah dan kebunnya dengan jenis pepaya super ini. Pohonnya yang pendek, buahnya yang besar, panjang dan genjah menjadi keunggulan pepaya california ini dibandingkan dengan jenis pepaya lainnya. Jika anda punya sedikit lahan di pekarangan rumah, tidak ada salahnya anda menanam pepaya california ini. Perawatannya simpel kok, tidak terlalu membutuhkan teknik menanam yang muluk-muluk. Mari kita bahas dari awal proses, yaitu menyiapkan benihnya.

Budidaya Pepaya California di Pekarangan Rumah


Cara Menyemai Benih Pepaya California di Polybag

Seperti kebanyakan penyemaian benih tanaman, benih Pepaya california kita rendam terlebih dahulu di dalam air hangat selama satu hari. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan benih pepaya california yang berkualitas. Umumnya benih yang berkualitas akan tenggelam di dalam air, sedangkan yang mengapung atau melayang biasanya kurang bagus dalam pertumbuhannya atau berbuahnya. Langkah ini penting dilakukan di awal agar nantinya waktu dan tenaga kita tidak tersia-sia merawat tanaman pepaya yang kurang berkualitas.

Setelah anda mendapatkan benih pepaya california yang berkualitas, proses berikutnya adalah penyemaian.  Jika anda hendak menyemai benih pepaya california dalam polybag, pilih yang berukuran 17 cm x 22 cm. Isilah dengan media semai yang baik. Media semai yang baik adalah media campuran dari beberapa bahan.
Saya bagikan beberapa tips dalam menyiapkan media semai yang bagus untuk mengisi polypag.  

Media Tanam untuk mengisi Polybag

Bahan-bahan:
- Dua ember tanah yang telah diayak terlebih dahulu.
- Satu ember pupuk kandang yang telah matang dan steril. (maksudnya matang adalah pupuk kandang yang sudah kering dan bukan yang baru, dan steril dari berbagai cabang atau kotoran mentah). Untuk lebih bagusnya anda bisa mengayak pupuk kandang terlebih dahulu sebelum digunakan.
- TSP yang telah dihaluskan sebanyak 50 gram.
- POC Hayati

Cara menyiapkan media tanam:

- Setelah semua bahan telah siap, campurkan seluruh bahan (kecuali POC) hingga tercampur merata.
- Masukkan ke polybag dan basahi menggunakan gembor air sampai jenuh.
- Setelah itu semprotkan POC ke atas permukaan media tanam polybag secara merata.
- Masukkan benih pepaya california ke dalam polybag dengan cara di benamkan rata dengan permukaan tanah di polibag
- Uruk benih tersebut dengan abu dapur yang telah dihaluskan dan di ayak.

- Untuk mencegah semut dan pengganggu dari tanah anda bisa menaburkan furadan dicampur dengan kapur semut ke atas permukaan tanah di sekeliling polibag.
- Letakkan polibag tersebut di tempat yang terkena matahari, namun beri naungan plastik tranparan agar tidak terkena air hujan.
- Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Lebih bagus lagi semprotkan POC Hayati 2 minggu sekali selama proses pembibitan.
- Bibit pepaya california yang telah tumbuh dapat dipindahkan di lahan penanaman apabila telah memiliki ketinggian sekitar 15-20 cm atau sekitar 45-60 hari sejak penyemaian (atau yang sudah berdaun 7-9 helai).

Proses Grading/ Penyortiran Bibit Pepaya California

Mungkin anda pernah melihat atau mengalami sendiri menanam pepaya yang ternyata berbunga saja tapi tidak bisa jadi buah, atau jadi buah tapi kecil dan kurang memuaskan. Nah, proses penyortiran ini dilakukan untuk menghindari kejadian tersebut dan mendapatkan benih pepaya unggul yang mempunyai ciri akan berbuah besar, panjang, dan banyak. Di pasar pun mayoritas konsumen lebih menyukai pepaya california yang panjang ketimbang pepaya california yang bulat. Karena itu saya menyarankan anda untuk menanam dan mempertahankan pohon pepaya california yang nantinya akan berbuah panjang.

Pengolahan Lahan Tanam Pepaya California.

Sambil menunggu proses penyemaian bibit pepaya, sekarang kita belajar menyiapkan lahan untuk menanam bibit pepaya california. Anda bisa menanam pepaya california ini di tanah pekarangan rumah, tanah sawah maupun tanah tegalan. Pertama kita bersihkan dahulu lahan tersebut dari gulma / rerumputan yang mengganggu pertumbuhan tanaman pepaya. Upayakan tempatnya berada di lahan yang terpapar sinar matahari langsung dan tidak terhalang baik oleh tembok atau tanaman lain. Jika lahan untuk menanam pepaya tersebut di sawah atau tegalan anda dapat melakukan penyangkulan tanah atau pembajakan untuk menggemburkan tanah.

Selanjutnya buatlah lobang berukuran sekitar 0,5 x 1 meter dan kedalaman 0,5 meter. Tanah bekas pembuatan lubang anda jauhkan dari mulut lobang sejauh 0,5 meter agar tidak balik lagi. Kemudian taburkan pupuk kompos matang di samping sekitar lobang tanam. Biarkan terkena angin dan kering kurang lebih seminggu. Baru setelah itu pupuk kompos tersebut diaduk dengan tanah sisa lobang dan masukkan ke dalam lobang tanam. Biarkan mengendap dulu selama 1 minggu.

Cara Menanam Pepaya California

Setelah satu minggu tanamlah bibit pepaya yang sudah anda sortir dari persemaian ke dalam lobang. Satu lobang untuk 2 bibit pepaya california yang anda yakini bagus. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika nantinya salah satu dari bibit pepaya california tersebut ternyata pohon pepaya berbunga jantan atau berbuah bulat, anda bisa menebangnya dan menyisakan satu pohon pepaya yang berbuah panjang. Akan tetapi jika keduanya ternyata pepaya yang berbuah panjang, tidak masalah jika anda mempertahankan keduanya. Hanya saja dalam pemberian pupuknya sedikit lebih banyak dibanding yang satu lobang satu pohon pepaya. Biasanya hal ini bisa anda ketahui setelah pohon pepaya berumur sekitar 2,5 bulan. Pada saat itu akan terlihat apakah bunganya jantan, bulat, atau panjang.

Gambar pohon pepaya california yang berbuah bulat.

pohon pepaya california yang berbuah bulat, grade C
 Anda bisa menebangnya atau memilih mempertahankannya, tapi kualitas buah kurang menarik. (dalam market digolongkan Grade C)

Gambar pohon pepaya california yang berbuah panjang. 


pohon pepaya california yang berbuah panjang grade A

Pertahankan pohon pepaya yang ini, karena nantinya akan menjadi pepaya california dengan grade A.
Penanaman bibit pepaya california ke dalam lobang tanam sebaiknya anda lakukan pada saat sore hari. Sesudah tertanam ke dalam lobang siramlah bibit pepaya california tersebut dengan air. Bisa juga langsung anda tambahi dengan menyiramkan pupuk organik cair. Peyiraman berikutnya lakukan secara berkala secukupnya terutama pada saat musim kemarau (sekitar bulan Mei-September). Jika musim penghujan tidak perlu disiram, asal tanah dalam keadaan basah, karena sebenarnya pepaya tidak suka dengan genangan air, terutama pada saat fase vegetatif.

Perawatan Tanaman Pepaya California

Semudah-mudahnya tanaman, tetap saja dia  makhluk hidup yang membutuhkan perawatan, perhatian, dan kasih sayang. Tidak terkecuali dengan tanaman pepaya california anda. Selain masalah penyiraman, lakukan pula penyiangan, pembersihan gulma pengganggu, dan pembumbunan saat tanaman pepaya  anda berumur 1,5 bln. Sebulan kemudian--yaitu ketika berusia 2,5 bulan, pepaya Anda biasanya sudah mulai berbunga lakukan pembumbunan lagi. Tanah yang sudah melorot anda timbunkan lagi ke batang pohon pepaya.

Pohon pepaya california tergolong pohon yang cepat berbunga dan berbuah. Umumnya ketika jumlah daun sudah mencapai sekitar 20-25 helai, tanaman pepaya california akan berbunga. Pada saat itu, lakukan pruning tunas-tunas yang tumbuh di sekitar ketiak daun pepaya. Hal ini bertujuan untuk efisiensi makanan agar batang pepaya bisa tumbuh besar dan kuat.

Gambar tunas pada pepaya california.


Gambar tunas pada pepaya california
Silakan bersihkan tunas-tunas berikut daun-daun pepaya yang di bawah.

Selain pruning tunas-tunas, lakukan juga pruning buah saat buah-buah pepaya california anda mulai membesar. Kurang lebih di usia 4 bulanan. Teknik pruning buah ini bertujuan untuk membuang pentil pepaya yang kurang berkualitas atau tidak sempurna dan mempertahankan buah pepaya yang sempurna. Dalam proses ini kadang kita tidak tega melakukan pruning/penjarangan buah. Seperti sayang jika harus dipothes dan dibuang. Tetapi untuk hasil buah yang sempurna dan memiliki Grade A, pruning pentil buah pepaya mau tidak mau harus dilakukan. Idealnya pepaya california dengan tinggi 1-1,5 meteran mempunyai 25-30 buah per pohonnya.

Setelah semua proses dilakukan, selanjutnya tinggal menunggu saat panen. Umumnya setelah pepaya california berumur 7-9 bulan sudah dapat dipanen. Pemanenan bisa dilakukan seminggu sekali dengan memetik 2-4 buah perpohon. Usia produktif pepaya california sekitar 4 tahunan. Satu buah pepaya california bisa mencapai berat 1,5-2 kg dengan harga jual 15.000/per kg untuk kategori pepaya grade A (pepaya yang berbentuk besar memanjang).

Demikianlah artikel tentang budidaya pepaya california yang bisa saya bagikan. Semoga ada manfaatnya. Silakan anda praktekkan. Dengan pengalaman akan menjadikan kesempurnaan. Salam.

2 Responses to "Budidaya Pepaya California di Pekarangan Rumah"

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel